Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pulau Eksotik Nusa Penida, Jadi Alternatif Ketika di Bali

Senin, 15 April 2024

 


Pulau (nusa) Nusa Penida terletak di sebelah tenggara Bali, dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekatnya terdapat pulau kecil lainnya, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Kawasan selam pulau Nusa Penida sangat terkenal, termasuk Crystal Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point.



Perbukitan dan kapur karang membentuk tanah pulau ini. Gunung tertingginya adalah Gunung Mundi, yang terletak di Kecamatan Nusa Penida. Satu-satunya mata air dan sungai di Kabupaten Klungkung mengalir sepanjang tahun.


Desa-desa di bagian utara Nusa Penida terletak di sepanjang pantai. Mereka berada di 0-268 meter di atas permukaan laut, dengan kemiringan antara 0 dan 3 %. 





Sebaliknya, Kecamatan Nusa Penida tidak memiliki sungai. Di Kecamatan Nusa Penida, air hujan dan mata air yang dikumpulkan oleh penduduk setempat digunakan sebagai sumber air. Cuaca di Kabupaten Klungkung adalah tropis. Pada daratan Kabupaten Klungkung dan Kecamatan Nusa Penida, bulan yang basah dan kering sangat berbeda. 


Sejak 10 tahun terakhir, infrastruktur wisata dan akses ke destinasi wisata telah mulai berkembang di Bali 3 Nusa ini. Populasi 46.749 jiwa (8.543 KK) pada sensus 2010 di Bali 3 Nusa ini, yang meliputi 202,8 km2, dan telah mengalami banyak perubahan. Keramahan lokal dapat ditemukan di setiap sudut Bali 3 Nusa ini.


 

Di Kabupaten Klungkung, ada empat kecamatan besar: Kecamatan Klungkung, Kecamatan Banjarangkan, Kecamatan Dawan, dan Kecamatan Nusa Penida. Pulau Nusa Penida dapat dicapai dari empat lokasi dermaga. Kecamatan Nusa Penida terdiri dari tiga kepulauan: Pulau Nusa Penida, Pulau Lembongan, dan Pulau Ceningan. Ada 16 desa di sana. 


Pelabuhan Nusa Penida

Sekurangnya yang diketahui ada 6 dermaga/pelabuhan berbeda-beda untuk setiap perusahaan kapal cepat dari Sanur menuju Nusa Penida berlabuh. Pelabuhan di Nusa Penida tersebut di antaranya adalah:

  • Pelabuhan Toya Pakeh
  • Pelabuhan Buyuk
  • Pelabuhan Br. Nyuh
  • Pelabuhan Mentigi
  • Pelabuhan Sampalan (Ferry)
  • Pelabuhan Lembongan


Tempat Wisata di Nusa Penida

Destinasi Wisata Nusa Penida Menurut Wilayah. Pusat destinasi wisata di Pulau Nusa Penida ini berada di Nusa Penida bagian barat seperti Pantai Klingking dan Pantai Broken yang terkenal itu. Demikian di bawah ini saya jabarkan destinasi wisata yang ada di Nusa Penida.


Sebelah Selatan Pulau Nusa Penida

  • Tebing Banah
  • Pantai Tembeling dan Hutan Tropis
  • Air Terjun Segening
  • Mata Air Peguyangan


Sebelah Barat Pulau Nusa Penida

  • Pantai Kelingking
  • Pantai Broken - Pasih Uug
  • Angel Billabong
  • Pohon Cinta
  • Paluang Cliff
  • Pantai Kelingking
  • Tebing Palungan
  • Pantai Crystal Bay


Sebelah Timur Pulau Nusa Penida

  • Pantai Atuh
  • Pantai Diamond
  • Pulau Seribu / Raja Lima
  • Rumah Pohon Molenteng
  • Pantai Suwehan
  • Bukit Teletubbies Nusa Penida
  • Goa Giri Putri dan Vihara Dewi Kwan Im


Transportasi

Untuk menuju pulau Nusa Penida hanya tersedia tTransportasi Laut, Di Pulau Bali tersedia banyak kapal cepat menuju Nusa Penida. Kapal cepat tersedia di hampir setiap pelabuhan di Bali, seperti Pelabuhan Serangan, Pelabuhan Sanur dan Pelabuhan Padangbai mulai dari jam 7 pagi hingga sore hari jam 5, begitu pun dengan jadwal sebaliknya.


Operator Fast Boat Nusa Penida

Kapal tradisional dengan harga yang relatif murah berangkat setiap hari pada pukul 6 pagi di dekat jembatan gantung antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Perahu ini menjadi transportasi yang banyak digunakan oleh penduduk setempat maupun para wisatawan dan sering kali sangat ramai.


Transportasi Darat

Nusa Penida juga menyediakan transportasi darat untuk mobilitas ekonomi penduduk maupun wisatawan. Seperti sewa motor dan sewa mobil dapat dengan mudah ditemui pada setiap dermaga pelabuhan yang ada di Nusa Penida.


Akses jalan di Nusa Penida belum teraspal semua dan belum sebaik di Pulau Bali, pembangunan akses jalan masih dalam pembenahan dan proses lebih baik kedepannya.



Pulau Nusa Penida menawarkan kecantikan menakjubkan kepada siapa pun yang berkunjung. Baik Anda hanya ingin melakukan perjalanan satu hari atau ingin tinggal beberapa hari, Anda akan dapat menikmati waktu yang menyenangkan untuk bersantai dan meninggalkan ingatan yang mendalam. Bagi mereka yang ingin menyelam di kedalaman bawah laut, Nusa Penida memiliki beberapa lokasi selam yang populer. Di sana, penyelam biasanya menemukan ikan tropis, batu karang, dan bahkan bangkai kapal. Pencinta pantai dapat bersantai di tepi pantai dan menikmati pasir putihnya. Wisatawan ingin berlibur di Nusa Penida karena pemandangan indah, flora asli, dan beberapa spesies burung. Untuk mereka yang ingin menikmati liburan di pulau Bali yang cantik ini, berikut adalah beberapa hal yang menarik di Nusa Penida.




Informasi tentang Nusa Penida

Nusa Penida adalah surga pulau kecil yang terletak dekat di bagian tenggara dari garis pantai pulau Bali. Itu menawarkan tempat liburan yang tenang yang jauh dari keramaian dan aktivitas di pulau utama. Terkenal sebagai suaka burung dan tebing karang yang menarik untuk dijelajahi.

Dengan luas lebih dari 79 kilometer persegi, Nusa Penida adalah petualangan yang patut dicoba. Ini adalah salah satu dari tiga pulau kecil di garis pantai Bali yang memiliki pesona alami yang patut dinikmati. Selat Badung membedakan Nusa Penida dari Pulau Utama Bali. Wisatawan dapat menemukan desa kecil di pulai ini, tempat banyak boutique hotel, toko lokal, dan restoran yang menyajikan makanan Indonesia modern dan tradisional. Budaya Nusa Penida agak berbeda dari pulau utama, dengan penduduk lokal yang berbicara dalam bahasa lokal dan melakukan kebiasaan yang berbeda.

Pengalaman menenangkan tersedia untuk setiap pengunjung Nusa Penida. Bukit bebatuan menempatkan habitat bagi flora dan fauna tropis di pulau ini. Wisatawan tidak hanya memiliki kesempatan untuk mendaki atau bersantai di pasir pantai, tetapi mereka juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi desa dan merasakan budaya asli pulau. Memiliki banyak landmark bersejarah dan arsitektur yang menarik, tempat ini adalah pilihan yang bagus untuk penyelam dari semua tingkat keterampilan. Para pengunjung dapat memesan kamar hotel dan menginap sebentar atau melakukan perjalanan sehari ke pulau.

 


Panduan Wisata ke Nusa Penida

Untuk pergi ke Nusa Penida, Anda hanya perlu menyebrangi Selat Badung selama 30 hingga 40 menit. Pengunjung dapat pergi ke Nusa Penida dari Pulau Utama Bali dengan berbagai cara.

Wisatawan dapat menggunakan ferry umum dari Padang Bai, yang menghabiskan sekitar IDR 30.000 per perjalanan. Jika Anda hanya ingin mengunjungi pulau selama satu hari, ferry ini juga dapat digunakan dengan mudah. Wisatawan dapat membawa sepeda mereka ke atas ferry saat mereka tiba di Nusa Penida. Ada juga beberapa perahu pribadi yang pergi ke Nusa Penida dari beberapa dermaga di Bali. Perahu ini bertarif IDR 300.000 untuk orang yang tidak tinggal di Bali, dan Anda harus memesan terlebih dahulu untuk memastikan kursi tersedia. Wisatawan yang ingin memiliki fleksibilitas dalam mengatur keberangkatan dan kepulangan mereka dari Nusa Penida dapat memesan perahu pribadi.

Beberapa kapal tur juga sering mengunjungi pulau. Wisatawan yang memesan kursi di kapal tur ini akan memiliki kesempatan untuk mempelajari sejarah dan budaya Nusa Penida sembari menikmati pemandangan indah. Untuk mereka yang tidak ingin menjelajah tempat yang tidak dikenal sendirian, kebanyakan perusahaan tur juga menyediakan tur untuk semua kegiatan di pulau.

Keliling Nusa Penida

Jalan-jalan di sekitar Nusa Penida biasanya dalam kondisi yang buruk, meskipun pulau itu menarik banyak turis. Wisatawan dapat menggunakan ferry atau menyewa kapal pribadi untuk pergi ke pulau tau, tetapi membawa mobil ke pulau cukup sulit. Ketika mereka tiba di pulau, banyak pengunjung yang memilih untuk naik sepeda atau menyewa sepeda. Anda dapat mengunjungi beberapa lokasi dengan berjalan kaki atau mendaki, tergantung di mana Anda tinggal. Biaya sewa sepeda motor adalah sekitar IDR 100.000 setiap hari, tergantung pada waktu dan banyaknya permintaan di musim panas.


 

Informasi Beberapa Hotel di Nusa Penida

Crystal Bay Beach di Nusa Penida


Berapa lama Anda berencana untuk tinggal di Nusa Penida?
Nusa Penida adalah pulau yang luas dengan banyak wilayah yang belum dijelajahi. Anda harus merencanakan untuk menghabiskan setidaknya tiga hari di pulau ini jika Anda ingin melihat pura, menghabiskan waktu di pantai, mendaki hutan, dan bahkan memiliki kesempatan untuk menyelam di bawah laut atau snorkeling. Melakukan perjalanan ke Nusa Penida dalam satu hari mungkin, tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dan lihat di sana yang akan membuat Anda ingin tinggal lebih lama.

Tempat menginap di Nusa Penida
Wisatawan harus menghabiskan beberapa hari untuk menjelajahi Nusa Penida karena merupakan salah satu tempat yang menakjubkan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka dapat melihat semua pemandangan dan landmark yang telah ditetapkan dalam rencana perjalanannya. Beberapa hotel di pulau ini adalah sebagai berikut.

Hotel Road Beach

Bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Nusa Penida tetapi tidak mencari akomodasi mewah, Road Beach Hotel adalah pilihan yang bagus. Hotel minimalis ini terletak tepat di garis pantai. Selama musim sepi, pengunjung dapat memesan kamar di Road Beach Hotel dengan harga IDR 795.000 per malam. Kamar-kamar yang nyaman dengan pemandangan laut yang indah tersedia untuk mereka.

Setiap kamar memiliki furniture yang terbuat dari kayu alami dan tema tropis. Di pantai pribadi, pengunjung dapat bersantai dan menikmati suasana alam sambil bersiap untuk perjalanan berikutnya. Hotel ini memiliki sarapan gratis, restoran, tempat duduk di luar ruangan, tempat tidur mewah, transportasi bandara, dan kamar mandi pribadi.

Resort Angkal

The Angkal Resort adalah tempat yang ideal untuk bersantai dan bersantai dengan kolam renang luar ruangan yang besar dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Beristirahat dan bersantai di pantai pribadi adalah kemungkinan di kamar butik hotel dan resort ini.

The Angkal Resort memiliki kamar dengan pemandangan tropis yang indah. Setiap kamar memiliki kasur king size, linen putih yang lembut, dan furniture kayu alami. Ruangannya terbuka dan sejuk, dan ada balkoni atau teras di dalamnya. Di hotel resort ini, Anda akan menemukan banyak keuntungan, seperti kolam renang, sarapan gratis, Wi-Fi gratis di semua ruangan, area lounge terbuka, coffee shop, restoran, bar, dan pemandian air mineral yang menyegarkan.

Pandawa Beach Resort & Spa

Pandawa Beach Resort and Spa adalah salah satu hotel resort paling eksklusif di Nusa Penida. Ini adalah surga bagi penggemar hotel mewah. Memenuhi kebutuhan berbagai ukuran pesta, hotel ini menawarkan berbagai jenis suite. Para tamu dapat memilih kamar dengan tempat tidur queen atau king, serta kamar yang memiliki pemandangan laut atau alam. Lapangan tengah besar di resort ini memiliki banyak perabotan teras dan kolam renang luar ruangan yang luas. Kamar-kamarnya memiliki banyak dekorasi Bali dan warna-warna netral.

Sarapan gratis, Wi-Fi gratis di semua area resor, pusat penukaran mata uang, transportasi bandara, restoran dan bar di lokasi, layanan pengiriman makanan, perpustakaan, fasilitas barbeque, dan hadiah toko adalah semua fasilitas yang disertakan dalam pemesanan kamar.

Bunda Tujuh Bungalow

Bunda 7 Bungalow menawarkan tempat tinggal yang nyaman dan sederhana. Pengunjung dapat memilih beberapa jenis kamar di bungalow, mulai dari satu kamar bungalow dengan satu kasur hingga bungalow dengan beberapa kamar dengan banyak kasur. Wisatawan solo dan mereka yang tidak berencana menghabiskan banyak waktu di kamar akan menyukai pilihan menginap ini.

Bungalow Bunda 7 terletak di tengah hutan dan merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai bagi mereka yang lelah. Para tamu di Bunda 7 Bungalow dapat menikmati berbagai fasilitas, seperti kolam renang terbuka yang luas, tempat duduk di tepi kolam, layanan housekeeping setiap hari, teras dan balkon pribadi, restoran di lokasi, dan Wi-Fi gratis.

Resort Pemedal Beach

Pemedal Beach Resort, yang terletak di garis pasir pantai, adalah tempat yang ideal untuk menginap dengan pemandangan tropis yang indah. Dengan semua kenyamanan yang ditawarkan oleh resort berskala besar, hotel ini tidak terlalu padat.

Setiap kamar di Pemedal Beach Resort dilengkapi dengan perabotan kayu alami dan linen berwarna netral untuk meningkatkan kenyamanan saat Anda bersantai. Restoran khusus yang menyajikan makanan tradisional Indonesia dengan harga terjangkau berada di resort ini. Selain itu, pengunjung memiliki kesempatan untuk menggunakan kolam renang terbuka yang indah, lounge area terbuka, hamparan pantai pribadi, dan kebun tropis yang ideal untuk foto.

 



Perjalanan ke Nusa Penida

Meskipun ada banyak pantai dan tebing bebatuan yang dapat dinikmati, Nusa Penida juga memiliki banyak wisata seru lainnya yang menarik bagi orang-orang dari segala usia. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang harus Anda kunjungi!

Pantai Kristal Teluk

Pantai Teluk Kristal, juga dikenal sebagai Pantai Cristal Bay, adalah salah satu tempat wisata paling populer di pulau dan menawarkan pengunjung banyak hal untuk dinikmati. Tempat ini ideal untuk berenang atau berbaring di handuk sambil berjemur. Teluk ini dikelilingi oleh tebing yang dipenuhi tanaman tropis, yang membuatnya nyaman dari orang-orang yang tinggal di pulau lain. Diajak untuk bersepeda ke area pantai dan menikmati hidangan lezat atau koktail dingin di salah satu restoran atau bar.

Kelingking berbentuk T-Rex

Kelingking "T-Rex" benar-benar terlihat seperti dinosaurus purba yang terkenal. Ini mungkin salah satu bebatuan yang paling terkenal di Nusa Penida. Mendaki tebing dan rasakan angin bertiup ke rambut Anda saat Anda berdiri di tulang belakang binatang buas. Syurga tidak pernah lebih manis!

Waterfall Peguyangan di Nusa Penida

Air Terjun Peguyangan adalah tempat wisata yang menarik dengan pemandangan indah dan kesempatan untuk berolahraga serius. Untuk naik ke tebing, ikuti tangga biru yang tidak berujung. Dari atas, Anda dapat melihat pura suci dan air terjun yang mengalir dari atas. Sebelum mengunjungi pura, kenakan sarung dan ikuti pembersihan spiritual bersama masyarakat lokal. Prosesnya memakan waktu sekitar dua puluh menit, tetapi kelelahan otot kaki akan dibayar dengan pemandangan yang indah!

Pool Alam Penida-Tembeling

Kolam Alami Tembeling tersembunyi di hutan. Jika Anda ingin berenang di tempat yang tenang dengan air hangat yang kaya akan mineral dan menikmati waktu sore yang tenang, tempat ini adalah tempat yang tepat.

 

Tanjung Kristal

Rencanakan perjalanan ke Nusa Penida mulai bulan Juli sampai Oktober dan jadilah sedikit wisatawan yang dapat melihat sunfish atau Mola Mola di alam liar. Teluk Kristal, yang juga disebut sebagai Teluk Kristal, terletak di bagian barat laut pulau ini. Airnya jernih, yang menjadikannya tempat menyelam yang luar biasa. Saat menyelam di Teluk Kristal, jangan lupa untuk mengunjungi pura pulau. Daratan pulau ini menakjubkan, dengan banyak pantai kecil. Teluk Kristal cocok untuk penyelam bersertifikat baik air dalam maupun air dangkal.

Dunia di bawah air di Nusa Penida

Menyelamatkan diri di Nusa Penida. Nusa Penida memiliki dunia bawah laut yang menarik bagi penyelam dari semua tingkat keterampilan. Terumbu karang, ikan tropis lokal, dan banyak bangkai kapal hidup di pulau ini. Seorang penyelam dapat melakukan petualangan bawah laut sendirian atau bersama tim melalui perusahaan tur selam Bali. Wisatawan dapat menikmati petualangan apa pun yang mereka pilih untuk menyelam.

Teluk Manta Island
Teluk Manta adalah oase tropis yang sempurna untuk penyelam dan tempat yang ideal bagi mereka yang menyukai pemandangan indah. Sangat disarankan untuk menyelam di lokasi ini dengan bantuan perusahaan penyelam profesional karena mereka menawarkan ragam kehidupan laut yang tidak akan Anda temui di tempat selam lain. Pengunjung dapat menemukan Ikan Pari di Teluk Manta. Wisatawan dapat melihat bagaimana hewan-hewan ini berenang untuk mencari makanan. Wisatawan juga dapat melihat berbagai jenis ikan tropis dan terumbu karang yang berwarna-warni di perairan teluk. Ada Teluk Manta di sebelah barat Nusa Penida.

Sisi Biru
Seorang penyelam yang lebih mahir akan memiliki waktu yang lebih lama untuk menemukan hampir semua makhluk laut yang hidup di sekitar Blue Corner di utara. Penyelam dapat melihat banyak spesies tropis, mulai dari ikan pari hingga lumba-lumba. Karena faktor arus dan kedalaman, area selam ini hanya menerima penyelam tingkat lanjut.



Nusa Lembongan dan Nusa Penida

Trio berada di bagian tenggara Bali, dan pulau terbesar kedua adalah Nusa Lembongan. Pulau ini, seperti Nusa Penida, memiliki pemandangan yang menakjubkan untuk diingat selama perjalanan, dan pengunjung dapat pergi ke pulau dengan ferry umum atau menyewa perahu pribadi.

Meskipun populasinya lebih sedikit dibandingkan Nusa Penida, Nusa Lembongan menawarkan pantai yang masih asli, tempat selancar yang menakjubkan, dan tempat menyelam terbaik. Jika Anda ingin menginap di pulau kecil ini, Anda dapat menyewa villa pribadi atau mengunjungi beberapa resort.

Pulau terkecil dari trio ini, Nusa Ceningan, sangat populer untuk berselancar karena ombaknya yang sempurna. Pulau utama Bali berjarak kurang lebih 45 menit dari Nusa Ceningan. Untuk sampai ke pulau ini, pengunjung harus menggunakan ferry umum atau perahu pribadi. Selain air laut biru yang sempurna dan pantai pasir putih yang halus, Nusa Ceningan adalah tempat yang tenang untuk melarikan diri dari semua aktivitas yang ditawarkan pulau besar. Wisatawan disarankan untuk membawa sepeda mereka sendiri atau menyewa sepeda motor saat mengunjungi Nusa Lembongan. 


Referensi:

http://www.facebook.com/doubleubalitour/videos/nusapenida-bali-need-driver-guide-in-bali-just-dm-whatsapp-6281236765540email-wa/554131941992067/

http://www.tiktok.com/@tr4velwithmel/video/7219642712964795654?lang=id-ID

http://www.getyourguide.com/batoemadeg-l189824/nusa-penida-visit-west-side-nusapenida-klingking-beach-t560848/

http://www.airbnb.co.nz/rooms/21371461/

http://www.youtube.com/watch?v=3Vol6-7_Ews

http://www.bedroomvillas.com/property/surya-hills-oceanview-guesthouse-1/AB-13337225

http://www.viamichelin.it/web/Albergo/Nusa_Penida-80771-_-9857646c

http://elevation.maplogs.com/poi/nusapenida_klungkung_regency_bali_indonesia.505772.html

http://www.westend61.de/en/photo/AAEF07540/aerial-view-of-broken-beach-in-nusapenida-klungkung-bali-indonesia

http://refilltheworld.com/places/category/refill-stations/indonesia/bali/jungutbatu-nusapenida-kabupaten-klungkung/?sort_by=post_title_asc

http://www.wallpaperflare.com/roof-nusapenida-indonesia-outdoors-nature-br-kutapang-desa-wallpaper-ejzfu

http://www.getyourguide.co.uk/batoemadeg-l189824/nusapenida-holiday-explorer-with-experts-local-guide-t562754/

http://www.airbnb.ca/rooms/31553384

http://www.logitravel.com/hoteles/indonesia/isla-penida/nusapenida/the-palms-ceningan-hotel--hotel-2040759

http://www.airbnb.com/rooms/572017181373245755

http://www.pinterest.com/pin/penida-bambu-green-suites-room-3-boutique-hotels-for-rent-in-nusapenida-bali-indonesia-airbnb--578994095866820732/

http://direktorikodepos.org/bali/klungkung/nusapenida/kutampi-kaler/25508/

http://www.tokopedia.com/rekomendasi/10687236108

http://www.viamichelin.com/web/Hotel/Nusa_Penida-80771-_-9557ae41

http://www.worldwidetourism.co.uk/tours/bali-and-nusapenida-island-tour-126870

http://hotelfriend.net/a/penida-bambu-green-villas-nusapenida

http://www.airbnb.de/rooms/33477357

http://carikodepos.com/bali/klungkung/nusapenida/kutampi-kaler/57604/

http://m.youtube.com/watch?v=GfbqIWEQlpA

http://yanabalitour.com/1-day-tour-in-the-west-of-nusapenida-with-sharing-car-package/

http://www.traveloka.com/id-id/activities/indonesia/product/open-trip-bali-nusapenida-5-hari-2-malam-7-11-agustus-23-start-finish-jogja-4239860947531

http://www.vacationhome.rent/property/tropical-glamping-bali-nusa-penida/AB-34522485

http://it.viamichelin.ch/web/Albergo/Nusa_Penida-80771-_-797f7b58

http://www.goibibo.com/hotels-international/photos-of-kalpataru-cottage-nusapenida-hotel-in-bali-8730613994057718046/

http://kodeposonline.com/22/34490/kodepos-80771-kutampi-kaler-nusapenida-kab-klungkung-bali

http://pasarproperti.com/dijual-hotel-paus-putih-di-nusapenida-klungkung-bali

http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Jungutbatu,_Nusapenida,_Klungkung_Regency,_Bali,_Indonesia_-_panoramio_(1).jpg

http://hichee.com/listings/5189612

http://lass-betreuung.de/jadwal-sholat-nusa-penida.html

http://www.airbnb.co.uk/rooms/34522485

http://www.skyscanner.co.id/hotel/indonesia/nusapenida-hotel/mahagiri-resort-nusa-lembongan/ht-140090960

http://yandex.ru/maps/org/penida_krusty_hill/105870196519/

http://pt.dreamstime.com/p%C3%B4r-do-sol-na-praia-klingue-nusapenida-klungkung-bali-indonesia-belo-cen%C3%A1rio-solar-klingking-image183300326

http://www.skyscanner.co.in/hotels/indonesia/nusapenida-hotels/ci-81977469

http://sunrise.maplogs.com/nusapenida_klungkung_regency_bali_indonesia.2187.html

http://mapify.travel/destinations/indonesia/sakti/information

http://bliputu.com/tag/nusapenida/

http://www.skyscanner.dk/hoteller/indonesien/nusapenida-hoteller/sukanusa-luxury-huts/ht-134539017

http://cekcargo.com/ongkir-babadan-ke-nusapenida-klungkung-5071-2751/?courier=jnt&w=10

http://www.bnesim.com/it/bnesimppl/what-an-amazing-place-in-the-world-nusapenida-%E2%80%8D%EF%B8%8Fdiscover-my-journey-around-the-mostbeautifulplacesintheworld/

http://unsplash.com/es/s/fotos/Nusapenida%2C-Klungkung-Regency%2C-Bali%2C-Indonesia

http://mapstr.com/place/kQk2MhYLFE

http://www.airbnb.nl/rooms/1023064740651969928

http://id.scribd.com/document/520509606/RUNDOWN-OPEN-TRIP-BALI-NUSAPENIDA

http://p2k.unaki.ac.id/_a.php?_a=desa-kecamatan-kota&_en=ENGLISH&desa=Tanglad&hukum=1&kec1=Nusa Penida (Nusapenida)&prov=Bali&provkot=Kab. Klungkung&tanda=kota

http://m.facebook.com/semabuhillsfastboat/videos/beautiful-under-water-in-nusapenidalets-book-your-snorkeling-tripfor-more-inform/3694965697449078/

http://www.tripadvisor.com/ShowUserReviews-g297697-d12596079-r517680738-Nusa_Penida_Trip_Exploring-Kuta_Kuta_District_Bali.html

http://atmosfy.io/location/kecamatan-nusapenida/crystal-bay-pool-view-bungalow

http://www.instagram.com/explore/locations/514848048708183/green-lion-turtle-conservation-at-nusapenida/

http://www.getyourguide.de/batoemadeg-l189824/bali-nusapenida-diamantstrand-tausend-insel-baumhaus-t613732/

http://www.capcut.com/id-id/discover/keyword/cerita-ratu-gede-mas-mecaling-nusapenida/70140461059

http://www.myguidebali.com/experiences/bali-nusapenida-diamond-beach-thousand-islnd-tree-house

http://www.vacationrenter.com/p/201750362

http://www.skyscanner.gg/hotels/indonesia/nusapenida-hotels/tropica-tranquility-villa/ht-134144084

http://www.airbnb.ie/rooms/37163759

http://www.logitravel.co.uk/hotels/indonesia/penida/nusapenida/lembongan-beach-club-and-resort--hotel-2095699

http://www.rentbyowner.com/property/la-royale-tropical-white-nusa-penida/AB-35844702

http://www.airbnb.co.in/rooms/39410080

http://www.skyscanner.net/ps/en-us/usd/car-rental-in/car-rental-in-nusapenida/81977469.html

http://www.flickr.com/photos/114869689@N03/13463985394

http://www.viamichelin.pl/web/Hotel/Nusa_Penida-80771-_-797f7b58

http://veronikasadventure.com/snorkeling-nusapenida-best-part-swim-with-the-mantarays/

http://diveadvisor.com/blue-corner-dive

http://kodepos.nomor.net/_kodepos.php?_en=ENGLISH&_i=desa-kodepos&daerah=Kecamatan-Kab.-Klungkung&jobs=Nusa Penida (Nusapenida)&sby=010000

http://www.fiverr.com/gedepradana/do-about-my-brochure-of-the-nusapenida-holyday-i-hope-all-of-you-can-comeing

http://www.lemon8-app.com/thuyduong1810/7160651476778418689?region=vn

http://only-apartments.de/klungkung/lembongan-harmony-villas-lst3W3G6N

http://www.airbnb.com.au/rooms/547450144927007727

http://only-apartments.com/klungkung/rommy-villas-lembongan-lst8ZL57Z

http://www.getyourguide.fr/klungkung-l189824/bali-nusapenida-diamond-beach-thousand-islnd-tree-house-t613732/

http://www.horego.com/nusapenida/btm-penida-bar-and-restaurant

http://www.espanol.skyscanner.com/hoteles/indonesia/nusapenida-hoteles/tarci-bungalows-lembongan/ht-131938770

https://www.routard.com/reportages-de-voyage/cid140019-voyage-a-bali-l-ile-des-dieux.html



ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close